Pakan Entok
Peternakan entok rumahan

Pakan Entok Murah Dan Berkualitas Biar Cepat Besar

Posted on

Pakan entok merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam suatu budidaya ternak entok. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pengeluaran biaya yang paling banya dalam usaha peternakan ialah pengadaan pakan ternak. Hal ini disebabkan karena harganya yang kian meningkat seiring dengan semakin jarang bahan baku. Selain itu, juga disebabkan karena adanya daya saing dengan kebutuhan makanan pokok manusia, misalnya seperti kedelai.

Budidaya entok ada 2 macam, pertama sebagai penghasil telur atau entok petelur dan sebagai penghasil daging atau entok pedaging. Namun sebagian masyarakat memelihara ternaknya hanya sebatas pembesaran entok saja. Kebanyakan dari mereka berfikir bahwa entok hanya mampu menghasilkan telur dengan jumlah terbatas. Meskipun demikian, permintaan daging entok selalu saja kekurangan. Karenanya sebagai peternak unggul harus bisa membuat pakan entok pedaging yang berkualitas.

Salah satu pakan yang berkualitas untuk ternak entok bisa menggunakan pakan organik. Apa itu pakan organik?. ialah pakan yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan. Kalian bisa menggunakan sayur-sayuran yang sudah tidak layak konsumsi seperti bayam, kol, kangkung, dan sebagainya. Bahan tersebut bisa kalian dapatkan di warung atapun pasar didaerah kalian berada. Disamping pakan berupa sayuran, bisa juga memberikannya dengan tumbuhan Azolla yang sudah terbukti memiliki banyak protein.

Penggunaan pakan organik untuk entok tersebut di atas tentu sangat terbilang sangat murah. Bagaimana tidak, dengan memanfaatkan sesuatu yang sudah tidak digunakan, akan tetapi bisa kalian gunakan sebagai pakan alternatif. Dengan penggunaan pakan alternatif ini, Kalian bisa memaksimalkan produktivitas entok pedaging yang Kalian pelihara. Nah, yang perlu Kalian perhatikan disini ialah bagaimana caranya mengubah pakan alternatif menjadi pakan yang bekualitas supaya cepat besar. Itulah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Pakan Entok Murah

Pakan entok pedaging murah dan berkualitas biar cepat besar bisa dilakukan dengan pemberian pakan fermentasi. Kenapa?. Karena dengan melakukan proses fermentasi pada makanan entok tentu akan menambah nilai gizi yang terkandung di dalam pakan. Disamping itu juga akan menambah daya cerna pakan di dalam tubuh ternak entok. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa makanan atau pakan ternak entok pedaging. Tapi sebelum melangkah lebih jauh, berikut kami sampaikan beberapa faktor yang mempengaruhi ternak entok berkualitas baik.

  1. Kebutuhan gizi ternak entok (Protein kasar, Energi, Kalsium, Fosfor, dan Vitamin).
  2. Kandungan nutrisi dalam pakan.
  3. Jumlah kebutuhan pakan yang diberikan dalam satu hari.
  4. Kondisi pakan yang terlihat baik (tidak berjamur).

Jika sudah memahami faktor tersebut, kemungkinan besar budidaya ternak entok yang kalian jalankan akan sukses dan menghasilkan hasil yang menguntungkan.

Pakan Entok Fermentasi Ampas Tahu

Pakan ternak entok dengan harga murah yang pertama ialah dengan memanfaatkan Ampas tahu. Jangan tanya dimana harus mendapatkannya ya. Sebab jawabannya sudah pasti ada di pabrik pembuatan tahu. Kalian hanya perlu mencari pabrik tersebut yang sekiranya dekat dengan lokasi kandang ternak entok kalian. Jika pesan ke orang, ada kemungkinan penjual yang kalian percayai sudah menambah harga sehingga pengeluaran biaya pakan menjadi membengkak.

Cara membuat pakan ternak entok fermentasi yaitu siapkan bahan berupa ampas tahu yang sudah kalian beli. Kemudian berikan cairan EM4 sebagai bioaktivator bakteri fermentasi dengan jumlah secukupnya. Biasakanlah membaca petunjuk penggunaan yang sudah tertera pada botol kemasan. Kalian bisa mendapatkan EM4 ini dibeberapa toko pertanian ataupun poultryshop.

Selanjutnya, tambahkanlah serat kasar berupa dedak padi, konsentrat atau lainnya. Berdasarkan pengalaman yang ada, jika hanya memberi ampas tahu tanpa adanya campuran lain seperti dedak padi, bisa terjadi diare. Jika sudah seperti itu, besar kemungkinan akan datang penyakit pilek. Nah apabila sudah agak parah, segala penyakit bisa semakin bermunculan.

Baca Juga: Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Pada Ternak Entok

Pakan Entok Fermentasi Pohon Pisang

Kalian pasti pernah melihat pohon pisang, bukan?, dan bahkan memakan buahnya?. Di tempat kami berada Pohon pisang disebut dengan gedebok pisang. Penggunaannya bisa jujadikan sebagai pakan entok organik namun masih sangat jarang. Meskipun begitu, biaya yang dikeluarkan lebih irit dibandingkan dengan bahan pakan lainnya. Hanya saja bagi kalian yang ingin memakai gedebok pisang harus mengeluarkan banyak tenaga. Sebab, bentuknya yang relatif besar harus dipotong dengan cara mencincangnya menjadi ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah dicerna.

Guna meningkatkan daya cerna di dalam saluran pencernaan ternak entok harus diberi cairan pakan tambahan berupa EM4. Hal inilah yang menyebabkan ada persamaan dengan pembuatan pakan ternak entok fermentasi dengan bahan baku ampas tahu. Bedanya, kalian harus memberi bahan pakan tambahan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti bungkil kedelai dan tepung ikan. Penambahan tersebut disebabkan karena gedebok pisang masih sangat minim akan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Pakan Entok Berkualitas Agar Cepat Bertelur

Sebagian peternak yang menerapkan budidaya entok secara modern saat ini sudah mulai menghasilkan bibit entok sendiri. Oleh karena itu, banyak upaya yang dilakukannya agar supaya ternak entok yang dipelihara menghasilkan telur yang banyak. Setelah telur-telur tersebut menetas, barulah anakan entok pedaging bisa dipelihara dan dijual dengan harga yang sesuai dengan kondisi pasar. Untuk itu, disini kami akan memberitahu jenis pakan entok berkualitas agar cepat bertelur dan produksinya banyak.

Makanan entok agar cepat bertelur dengan jumlah banyak bisa dengan memberinya pakan yang memiliki kandungan protein tinggi. Ada 2 jenis pakan yang umum digunakan oleh para peternak. Pertama pakan nabati, dan yang kedua pakan hewani. Tapi kami sarankan gunakanlah pakan hewani karena kandungan gizi yang sudah kami sebutkan sangatlah besar. Kalian bisa memilih pakan tersebut berupa bekicot, cacing tanah, keong emas yang banyak ditemui di area persawahan, ataupun lainnya.

Dalam pemberian pakan, umur ternak entok merupakan hal yang sangat krusial. Jika salah memberikan jenis pakan untuk ternak entok yang tidak sesuai dengan usianya, maka ada kemungkinan ternak kalian mati.

Pakan anak entok umur 1-14 hari

Jenis pakan yang sesuai untuk entok yang masih dalam fase starter atau sekitar umur 1-14 hari harus berkadar protein tinggi. Hal ini disebabkan karena untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya. Sebagai informasi saja bahwa di dalam tubuh hewan ternak yang masih anakan ada 2 tahapan pertumbuhan. Pertama yaitu hiperplasia (pertambahan sel dalam tubuh), dan selanjutnya ialah hipertropia (perkembangan/ pembesaran sel tubuh).

Kandungan yang wajib tersedia di dalam pakan anak entok berupa Protein, Kalsium, Fosfor, dan Vitamin. Untuk memenuhi kandungan tersebut biasanya banyak yang menggunakan konsentrat starter. Produk ini bisa kalian dapatkan dengan membelinya di toko penyedia yang terdekat dengan daerah domisili kalian berada.

Pakan ternak entok umur 15-35 hari

Entok yang sudah berumur 15-35 hari kondisi saluran pencernaannya sudah cukup kuat. Disamping itu, entok yang kalian pelihara lebih membutuhkan energi dala hidupnya. Energi tersebut nantinya akan diubah atau dikonversi menjadi daging sehingga bobot badan entok meningkat. Kalian bisa memberinya pakan dengan kandungan yang lebih sedikit dibandingkan dengan pakan entok fase starter.

Jenis pakan ternak entok yang bisa diberikan berupa konsentrat yang dicampur dengan dedak, jagung, ampas tahu dan lainnya.

Pakan ternak entok umur 36-60 hari

Layaknya manusia, semakin tua usia entok juga akan mengalami penurunan fungsi organ tubuh. Nah, dalam hal ini, entok yang berumur 36-30 hari lebih membutuhkan vitamin dan mineral. Ada pakan khusus ternak entok ubiasa diberikan oleh peternak unggul. Biasanya mereka lebih suka membuat pakan dengan cara mencampur beberapa bahan pakan ditambah dengan pakan tambahan ternak entok. Kalian bisa membuat formulasi pakan ternak entok berupa campuran antara bekatul, enceng gondok, keong, dedak, ampas tahu, dan nasi aking.

Ada 3 faktor pengaruh entok agar cepat bertelur banyak:

  1. Lingkungan
  2. Pakan
  3. Vitamin

Kesimpulan

Untuk membuat pakan entok berkualitas agar cepat bertelur banyak bisa dengan membuat pakan sendiri. Hal inilah yang menjadi jalan alternatif sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah. Dengan memanfaatkan beberapa bahan organik dan mencampurkannya dengan bahan lain sehingga terbentuk kandungan pakan yang sesuai. Demikianlah Informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan serta menjadi pedoman dalam menjalani suatu proses budidaya ternak entok. Selamat mencobanya dan salam sukses bagi dunia peternakan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *