Budidaya Sidat

Cara Budidaya Sidat Agar Cepat Besar Secara Sederhana

Posted on

Usaha di bidang peternakan memang tidak ada hentinya. Meskipun banayak yang menilai bahwa usaha ternak memiliki kesan yag kotor dan bau, namun hasilnya sungguh fantastis. Contohnya saja ialah ternak sapi, kambing maupun ayam. Akan tetapi ada jenis usaha ternak yang tidak memiliki bau, sehingga tidak mengganggu diri sendiri maupun masyarakat. Salah  satu yang direkomendasikan dan bisa kalian lakukan ialah budidaya sidat.

Ikan sidat adalah jenis hewan yang bisa dibudidayakan dan memiliki bentuk tubuh seperti ternak belut, namun postur tubuhnya lebih besar serta komposisi daging yang lebih tebal. Meskipun memiliki bentuk tubuh yang hampir sama, Akan tetapi anggapan seperti itu belum sepenuhnya benar. Sebab, ada beberapa perbedaan yang menonjol diantara kedua jenis hewan melata yang habitatnya sama-sama di dalam lumpur tersebut.

Saat ini budidaya ikan sidat sudah banyak dilakukan di dalam drum, kolam terpal, beton, maupun. Dari ketiga jenis media tersebut tidak ada cra khusus. Artinya kalian hanya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam membudidayanya. Apabila kalian sudah memiliki dasar yang dibutuhkan, kami yakin bisnis yang sedang dilakukan bisa berhasil. Apalagi, untk saat ini  permintaan ikan sidat selalu meningkat. Sebab, sekarang sudah banyak ternak ikan sidat yang dikirim dan dijadikan sebagai makanan utama di restoran yang ada di Negara Jepang.

Cara Budidaya Sidat

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas bahwa ikan sidat dijadikan sebagai menu utama di Negara Jepang yang dinamai udanon atau unagi. Hal inilah yang menjadikan harga ikan sidat melambung tinggi. Penyebabnya tentu saja karena perbandingan permintaan dan ketersediaan sidat yang tidak seimbang. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, maka perlu adanya suatu proses budidaya sidat agar cepat besar secara sederhana.

Sebelum membahas mengenai langkah buidaya ikan sidat, ada baiknya kalian mengetahui beberapa khasiat sidat bagi kesehatan manusia. Apabila dikonsumsi secara rutin, Kalian akan merasakan berbagai khasiat dari ikan sidat. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terkandung di dalam ikan sidat, yaitu:

  • Lemak : Berupa Omega-3, asam lemak.
  • Vitamin : Berupa D dan B2 (riboflavin).
  • Mineral : Berupa seng, zat besi, magnesium, yodium, dan kalium.
  • Kalsium dan Fosfor.
Manfaat Ikan Sidat Bagi  Manusia:
  1. Membantu mencerdaskan otak terutama untuk bayi, balita, ataupun anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
  2. Mencegah serangan penyakit jantung.
  3. Mampu mencegah penyakit kolesterol.
  4. Mengantisipasi serangan kanker.
  5. Bisa dijadikan sebagai makanan program diet.
  6. Sebagai sumber kekuatan dan juga keperkasaan manusia.

Dari sekian banyak manfaat yang didapatkan untuk kesehatan manusia, tak heran banyak peternak unggul yang berusaha budidaya ikan sidat secara modern. Tujuannya tentu saja untuk memenuhi permintaan yang tidak ada hentinya.. Berikut ini penjelasan mengenai cara budidaya Sidat yag baik Agar Cepat Besar Secara Sederhana, khususnya bagi pemula.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Beton Yang Baik

Menentukan Lokasi Budidaya Sidat.

langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk pertama kali ketika akan melakukan proses budidaya ikan sidat yaitu menentukan lokasi yang susuai. Secara umum, sidat biasa hidup di daerah sungai, dan juga rawa. Apabila salah dalam menentukan lokasi, kemungkinan yang akan terjadi laju pertumbuhan ikan sidatakan terganggu. Oleh sebab itu, Kalian harus bisa membuat lokasi ternak sidat sebaik mungkin agar tidak mengalami kerugian dikemudian hari.

Setelah lokasi ditentukan, selanjutnya yaitu membuat kolam untuk budidaya ikan sidat. Kalian bisa menggunakan kolam terpal, beton, ataupun dalam drum. Namun yang perlu diperhatikan ketika membuat media budidaya sidat ini adalah harus disesuaikan dengan modal yang Kalian miliki. Apabila sudah ditentukan seperti apa kolam yang akan digunakan, Kalian bisa membuatnya di samping rumah.

Memilih Bibit Sidat Berkualitas.

Meskipun belum ada tempat penyedia bibit sidat dengan kualitas unggul namun Anda bisa memilihnya sendiri. Pemilihan bibit ikan sidat yang berkualitas bisa Kalian lihat berdasarkan pergerakannya yang agresif. Selain itu, juga tidak terdapat luka atau cacat disekujur tubuhnya. Usahakan bahwa sidat yang hendak dipelihara memiliki pertumbuhan yang baik.

Bagi yang masih pemula, memilih bibit sidat bisa dengan cara mendapatkannya di alam bebas. Metode seperti itu dipakai untuk menghemat biaya pemeliharaan. Kelemahannya waktu yang dipakai akan sangat lama karena harus mencari di alam bebas. Sedangkan kelebihannya, sidat sudah pasti dijamin sehat, dan juga memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Apabila memiliki banyak uang, bisa membelinya di tempat pembudidayaan ikan sidat.

Jika sudah menemukan bibit sidat yang akan dipelihara, selanjutnya tinggal memasukkan ke dalam kolam yang sudah disediakan sebelumnya. Caranya, masukkan sidat jantan dan betina dengan perbandingan 1:5. Agar tidak terjadi perkelahian, utamakan sidat jantan terlebih dahulu baru kemudian disusul sidat betina.

Makanan Saat Budidaya Sidat Agar Cepat Besar.

Pakah kalian masih ingat tujuan utama budidaya sidat yang akan atau sedang dilakukan?. Jika masih, maka pemilihan makanan ikan sidat sebaiknya tidak sembarangan. Hal ini disebabkan karena pada masing-masing fase pertumbuhan ikan sidat membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda. Untuk ikan sidat agar cepat besar, Kalian bisa menggunakan jenis pakan ikan sidat sebagai berikut:

  • Anakan Ikan Sidat (fase starter) : Untuk jenis pakan sidat pada fase ini, Kalian bisa memberinya pellet dengan kandungan protein > 40%. Usahakan bentuk pellet yang diberikan berbentuk tepung. Selain itu, Kalian bisa memberinya cacing tanah ataupun sutra.
  • Ikan sidat Dewasa : Jenis pakan yang diberikan bisa berupa krecil atau katak kecil, cacing, udang, ataupun kepiting kecil yang masih hidup.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal, 2 Bulan Bisa Panen!

Proses Budidaya Sidat Secara Sederhana.

Walaupun belum ada sebuah rekayasa teknologi pembenihan ikan sidat, namun Kalian bisa bisa mempercepat laju pertumbuhannya. Ada beberapa proses budidaya sidat yang biasa diterapkan oleh berbagai peternak secara sederhana, antara lain:

Proses pendederan 1

Pada tahapan yang pertama ini disebut juga dengan proses pengenalan ikan sidat dengan kondisi alam buatan yang baru kalian dibuat. Alasan ikan sidat dikenalkan dengan lingkungan yang baru ialah supaya mau memakan pakan buatan tau pakan yang homogen. Selain itu, tahapan pendederan 1 ini juga bertujuan untuk pembesaran glass eel hingga menjadi elver. Glass ell merupakan benih ikan sidat yag masih kecil dan memiliki tubuh yang masih transparan.

Ada 2 jenis ukuran Glass ell yang bisa Kalian budidayakan, yaitu A. bicolor dan A. marmorata. Jenis ikan sidat A. Bicolor banyak ditemukan di pantai selatan Pulau Jawa. Berbeda dengan jenis A. marmorata yang diperoleh dari daerah Poso Sulteng dan Tatelu. Untuk glass ell yang berukuran 0,17 gram per ekor bisa ditebar pada tempat pemeliharaan dengan kepadatan  sekitar 6 ekor per 1 liter air.

Mekanisme penebara bibit ikan sidat yang masih berbentuk glass ell harus dilakukan secepat mungkin. Hal ini bertujuan untuk menghindari tingkat stres. Caranya adalah dengan melakukan aklimatisasi terlebih dahulu, atau menempelkan packing supaya mengapung diatas permukaan media pemeliharaan. Apabila proses aklimatisasi sudah selesi, barulah kalian membuka dan menaruhnya ke dalam tahapan pendederan ke 2

Proses pendederan 2

Tahapan pendederan yang ke 2 ini bentuk tubuh ikan sidat sudah berada pada elver. Sebenarnya pada tahapan ini ialah persiapan untuk menghasilk an ukuran sidat fingerling atau kurang lebih sudah berukuran 10 gr/ekor. Apabila sudah mencapai ukuran tubuh tersebut, maka ikan sidat yang Kalian peihara siap untuk di pelihara pada proses tahapan pembesaran.

Proses pendederan 3

Pada tahapan yang terakhir ini merupakan tahap pembesaran dari ukuran fingerling hingga siap untuk dikonsumsi. Biasanya, ikan sidat akan dipanen ketika sudah mencapai ukuran lebih dari 200 gram per ekor. Sebab, pada ukuran tersebutlah rasa daging sidat sudah gurih dan enak.

Pada tahap pembesaran ikan sidat ini kalian bisa menggunakan kolam terpal, ataupun beton. Ukuran kolam yang ideal sekitar 3 x 5 x 1,5 m³, dengan volume air sekitar 5 m³. Kolam pembesaran ikan sidat ini sebaiknya dilengkapi dengan peralatan aerasi dan air yang selalu mengalir. Kalian bisa menggunakan air yang berasal dari dalam tanah seperti sumur yang dihubungkan kedalam kolam.

Dalam budidaya sidat jangan lupa selalu mengganti air supaya tidak terlalu kotor. Pergantian air kolam pembesaran dilakukan minimal lebih dari 300% tiap hari. Hal yang tidak kalah penting ialah suhu air yang harus tetap terjaga pada kisaran 29-31 °C. Cara menjaganya yaitu dengan menutup kolam menggunakan jaring hitam ataupun menggunakan anyaman bambu.

Masa pembesaran ikan sidat memerlukan waktu sekitar 5 bulan hingga layak untuk dikonsumsi. Akan tetapi, lama pembesaran sebenarnya tergantung dari ukuran yang kalian tabur saat pertama kali membesarkan ikan sidat. Misalnya, apabila Kalian menabur ikan sidat dengan ukuran 200 gram, maka akan diperoleh ukuran 500 Gram selama 5 bulan. Dengan begitu, jika jumlah ikan sidat yang ditabur sebanyak 1 ton, maka budidaya sidat yang sedang kalian tekuni akan menghasilkan sekitar 5 ton ikan sidat.

Demikianlah pembahasan mengenai cara budidaya sidat agar cepat besar secara sederhana. Khusus bagi kalian yang masih pemula, bukan suatu pengalaman yang menjadikan ternak sidat menjadi sukses. Akan tetapi kesabaran, ketekunan, serta pemahaman dari yang sudah Kami sampaikan mulai dari awal. Sekian dari Kami, Salam sukses dan semoga bermanfaat serta bisa membantu memajukan peternakan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *